Sabtu, 06 Maret 2010

Sentra Bonsai Baru Medan

Terletak di jalan yang sarat lalu lalang kenderaan yang menuju mulut Tol Belawan di Jalan Sutomo Medan, ada sebuah sentra tanaman baru yang lumayan luas, persisnya di halaman Gelanggang Remaja Medan , beraneka jenis tanaman dari Anggrek, Aglonema , Sansiviera dan lainnya menempati beberapa kavling di sentra tanaman ini , yang menjadi perhatian kita tentu tanaman Bonsainya.


Diperoleh informasi bahwa kegiatan disana baru dimulai tahun yang lalu, dan bagi penggemar dan perajin Bonsai di Medan, tempat ini pada mulanya di kenal sebagai sentra bursa untuk bonsai-bonsai menengah kebawah atau bahasa pasarnya yang murah meriah.


Menguji rumor diatas, sepohon cemara entah dari jenis apa yang kebetulan sangat menarik saya tanya, Cemara ini dijual ?. Ya jawabnya. Berapa dilepas bang ?. Tujuh juta saja bang, bagi saya harga tersebut tidak mengheran dan tergolong pantas bila dinilai dari kwalitasnya. Karena Cuma iseng menanya dan supaya penjual tidak kecewa, kamera disaku terpaksa dikeluarkan untuk mengabadikan pohon tersebut, saya hanya bisa berujar, tidak bisa beli pohonnya photo saja pun jadi, boleh diphotokan bang?, Ya , silahkan …….



Meneruskan informasi orang, saya coba bertanya lagi, katanya disini bonsainya murah meriah, kenapa ini mahal ?, yang bersangkutan langsung mengerti maksud saya, yang murah banyak bang , tapi masih bahan ataupun bonsai ukuran kecil, cemara tadi titipan kolektor untuk dijual bang, ujarnya sambil menuntun saya menuju halaman dibelakang.




Sesuatu yang mencengangkan bila dikuak sedikit rahasia pribadi dari pengelola sanggar bonsai ini, Bang Akhun namanya ternyata sebelum menggeluti dunia tanaman adalah pedagang Sparepart kenderaan bermotor, tanpa malu diakuinya lebih tahu onderdil daripada tanaman, kenapa beralih profesi ?, tidak tahu ujarnya, mulanya memang memprihatinkan tetapi lama kelamaan bidang baru ini membawa sedikit kenyamanan juga katanya singkat.


Bang Akhun termasuk yang cepat menbaca situasi, selama beberapa bulan terakhir mengamati perkembangan lalu lalang bursa bonsai di tempat ini, kita angkat topi, disamping mengikuti trend pasar, bang Akhun juga punya naluri dagang yang tajam dan jiwa spekulasi yang tinggi, maklum namanya saja pedagang, peluang sekecil apapun mesti dimanfaatkan.




Untuk pemula dibidang usaha ini, keberanian mengumpulkan bahan-bahan bonsai berkwalitas patut diacungi jempol, beberapa jenis primadona di Medan dan pulau Jawa tersusun rapi menunggu bidikan peminat, puluhan mungkin saja sudah mencapai ratusan bahan-bahan bonsai seperti anting putri, mirten, jeruk kingkit dan kemuning berdesakan di halaman sanggar bonsainya.


Bagi anda yang punya hobi tanaman apalagi bonsai tidak ada salahnya jalan-jalan sambil cuci mata ke tempat ini.

1 komentar:

  1. Selamat malam pak.., saya juga penggemar Bonsai dari metro, lampung. Saya mmiliki beberapa bahan bonsai Arabika (Acacia Sp). Diameter batang bawah rata-rata 20 - 40 cm. Tinggi rata-rata 50 - 100 cm. Bisa diliha di (metrobonsailampung.blogspot.com). Kontak Edy, 081379671119.

    BalasHapus