Kamis, 18 Maret 2010

Karma Bermain Bonsai

Ini bisa jadi akhir dari petualangan saya di dunia Bonsai, tidak begitu lama menggeluti bidang ini dan bukan pula untuk mata pencaharian, sebagai penggemar biasa saya pantas bersyukur dalam rentang waktu yang tidak begitu lama sudah menyelami banyak seluk beluk perbonsaian di Indonesia.


Banyak sekali suka duka yang terjadi, tidak semua dapat direkam dalam catatan harian disitus ini, keinginan untuk menutup cerita sepertinya mesti dipercepat, orang akan bertanya-tanya, apa gerangan yang terjadi ?.

Sebagai manusia kita percaya bahwa semua yang ada didunia ini adalah ciptaan Yang Kuasa, kita hanya diberi sedikit mandat untuk mengelola atau memanfaatkannya.


Beberapa teman penganut Taoisme berkata :
“ Apa saya tidak merasakan sesuatu firasat perihal kehidupan saya yang kian hari kian sulit, mereka memberikan sedikit sindiran, pohon kan makluk hidup juga, coba anda adalah mereka, diikat dengan kawat baja , dipelintir dengan paksa, apa tidak tersiksa dan menderita, semua didunia ini ada karmanya.

Selama anda semakin mahir dan semakin banyak mengikat pohon, sepertinya nasib anda juga begitu, semakin terikat dan terbelit kesulitan, sama dengan pohon yang tersiksa karena perlakuan anda.

Tidakkah anda melihat kenyataan kebanyakan “ tukang bonsai ” yang hebat ilmunya konon hidupnyapun masih susah, bandingkan dengan profesi lain kalau sudah menguasai kemahiran tertentu kebanyakan hidupnya lebih senang.”


Awalnya tidak ada firasat atau sesuatu yang mengganggu pikiran saya dengan sindiran diatas, sejalan jam terbang yang bertambah, secara sukarela saya bahkan menjadi dokter dan salon bonsai.


Disaat-saat tertentu terkadang teringat juga ungkapan diatas, semakin dipikir sepertinya semakin mendekati kebenaran, sama dengan yang tertulis di kitab suci, sesuatu yang baik atau buruk kalau di pikir dan dibicarakan terus menerus bakal mungkin bisa atau dapat terjadi.


Tuhan maha Pengasih, kalau semua yang saya lakukan adalah dosa dan salah mohon dimaafkan, janganlah diperhitungkan sebagai karma, semua yang saya lakukan ini adalah panggilan jiwa, tidak terpikir untuk menyakiti sesama makluk hidup, saya percaya karya bonsai juga sesuatu yang mulia.


Selama bermain-main di perbonsaian, terkumpul beberapa pesan spiritual yang mungkin pantas anda baca sebagai bahan renungan.

1. Bonsai adalah Seni dan bersifat relatip, dengan demikian, anda tidak perlu ragu berkarya, apapun yang tercipta tidak ada tolak ukurnya, yang penting kalau menurut pribadi anda itu yang terbaik lakukanlah saja, bila orang berkomentar tentang baik atau buruk hasil karya anda, masa bodoh saja.

2. Bisa karena biasa, tidak ada yang terlampau sulit untuk dipelajari dan dipraktekkan, sering-sering melatih tangan dan mata, suatu saat anda pasti akan bisa.

3. Harus punya prinsip dan mental seniman atau kolektor, bagi yang beruntung jadi kolektor, jangan banyak mendengar tetapi banyak melihat serta membeli dengan selektip, ingat ada harga ada barang. Untuk yang memilih sebagai seniman, kutipan ini yang kebetulan pernah saya baca di facebook sangat-sangatlah tepat, pohon sendiri hiburanku, pohon orang uang belanjaku.

4. Kalau lagi stress dan frustrasi, coba melihat bonsai anda di malam hari, umumnya menyejukkan, yang jelekpun akan kelihatan cantik. Perlu diingatkan memilih atau membeli bonsai di malam hari sangat tidak disarankan, jawabannya pasti sudah anda tahu.

5. Waspadalah terhadap orang yang memanfaatkan obsesi anda, sering kita mendengar rumor ada juga mafia di dunia perbonsaian, segalanya bisa diatur agar menjebak anda.

6. Bila anda tidak punya waktu 30 jam sehari (waktu senggang banyak), punya bank sendiri (duit yang banyak), pendengaran budek alias tuli ( tahan omelan anak Istri), jangan berkutat di dunia bonsai, tinggalkan saja segera hobi ini.

7. Bila anda telah siap mental dan batin dan lebih afdol siap secara materi, hobi ini sangat bermanfaat, semua yang diatas hanya bersifat  makruh  dan bukan  haram  fatwanya.


Kalau situs ini berlanjut dan kembali menyajikan cerita, Alhamdullilah, ternyata semua ini bukan karma, Tuhan mengizinkan saya berbagi misteri alam dengan anda sebagaimana Firman Nya :

"Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji supaya ada tumbuh-tumbuhan dibumi, Dan jadilah demikian"



"Tanah ini menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar